Selasa, 05 Januari 2016

Penyakit Lupus – Gejala dan Penyebabnya

Hasil gambar untuk penyakit lupus adalah

Penyakit Lupus adalah salah satu dari bentuk penyakit autoimun yang artinya kekebalan tubuh (imun) malah menyerang organ dan sel-sel jaringan dan organ sehat tubuh itu sendiri secara terus menerus sehingga menimbulkan peradangan yang kronis. Penyakit ini sangat sulit dideteksi karena gejala dan tanda-tanda awal sangat mirip dengan penyakit pada umumnya. 

Meskipun penyakit ini belum di temukan cara dan obat penyembuhannya namun usaha pengobatan dapat membantu untuk mengendalikan gejala penyakit lupus yang timbul. Hal ini terjadi mungkin karena kemungkinan sebagai hasil dari kombinasi genetika dan lingkungan. Namun penyebab pasti dari penyakit ini belum bis diketahui. 

Berikut beberapa penyebab potensial dari penyakit lupus:

1.      Sinar matahari
paparan sinar matahari secara langsung dapat menjadi penyebabnya karena pada orang yang rentan dapat menimbulkan lesi pada kulit sebagai gejala awal penyakit lupus.

2.      Obat-obatan
Obat tekanan darah tinggi, obat anti kejang dan beberapa obat antibiotik dapat mngakibatkan gejala penyakit lupus tetapi gejala tersebut akan hilang jika konsumsi obat tersebut dihentikan. 
 
Berikut beberapa gejala penyakit lupus yang umum terjadi:

1.      Ruam kupu-kupu yang biasanya terdapat di bagian pipi, biasanya kedua pipi sebagai sayapnya dan bagian hidung sebagai bagian badan si kupu-kupu tersebut.
2.      Ruam yang berbentuk cakram tampak merah dan lebih jelas di bagian tepi biasanya berada pada kulit kepala, wajah dan leher.
3.      Ruam tersebut akan semakain parah jika terkena sinar matahari secara langsung.
4.      Timbulnya sariawan terus menerus atau timbul hilang pada bagian mana saja dari rongga mulut.
5.      Peradangan pada sendi yang menimbulkan warna kemerahan, rasa nyeri bahkan sampai bengkak.
6.      Enimbulkan gejala nyeri pada dada yang sangat tajam saat batuk dan tarik nafas dalam.
7.      Gangguan pada ginjal yang ditemukan protein atau endapan pada air seni.
8.      Menimbulkan sakit kepala, gangguan penglihatan dan kebingungan.

Tidak semua gejala muncul pada seorang penderita lupus. Biasanya hanya terjadi beberapa gejala yang dirasakan. Segeralah periksa dan konsultasi ke Dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Penyakit ini tidal menular, untuk lebih jelasnya baca juga jenis-jenis penyakit Lupus.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar